Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Akuntansi Bagi Fresh Graduate

karirakuntansi.com - Akuntansi masih menjadi salah satu pilihan populer bagi anak-anak muda yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya ke perkuliahaan. Kendati harus menghadapi angka-angka dan kerumitannya, alasan dipilihnya jurusan akuntansi salah satunya adalah luasnya prospek kerja yang menanti ketika mereka lulus kuliah.

Ilmu akuntansi sendiri sangat berfungsi bagi perusahaan-perusahaan, tidak sekedar pembukuan sederhana namun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Contohnya untuk membuat laporan keuangan yang pada laporan tersebut kita dapat melihat perkembangan perusahaan secara langsung dan menjadikannya dasar mengambil keputusan bagi perusahaan. Tidak hanya itu, ilmu akuntansi rupanya juga dapat mengisi fungsi dan bagian lain di dalam perusahaan.


Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

1.  Staff Akuntansi/Accountant
Secara singkat, staff akuntansi bertugas membuat catatan keuangan suatu perusahaan. staff akuntansi dapat bekerja untuk pemerintah, perusahaan, atau organisasi. Akuntan juga menyiapkan laporan keuangan seperti perpajakan, melakukan dokumentasi terkait data-data keuangan, dan lain-lain

2. Staff Pajak/Tax
Hampir sama dengan staff akuntansi, staff pajak bertugas dan bertanggung jawab terkait perpajakan bagi sebuah perusahaan seperti membuat faktur, melaporkan pajak, menyetor pajak, menghitung hingga mendokumentasikan data-data terkait pajak perusahaan.

3. Financial Analyst
Secara umum, seorang analis keuangan adalah orang yang bekerja di dalam perusahaan untuk memantau, menganalisis serta mempelajari data keuangan tersebut. Dengan ilmu dan pengetahuan yang didapat, berguna untuk memprediksi hasil atau dampak perusahaan tersebut. Sehingga seorang analis keuangan akan merekomendasikan apa saja panduan keuangan dan wawasan dari pilihan yang terbaik bagi perusahaan. Maka dari itu perusahaan yang menggunakan analis laporan keuangan akan mencari seseorang yang profesional di bidangnya, agar bisa mendapatkan strategi finansial untuk bisnis tersebut.

4. Internal Audit
internal auditor adalah seorang profesional yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk memberikan evaluasi yang independen dan objektif atas kegiatan bisnis keuangan serta operasional, termasuk tata kelola perusahaan. Auditor ini ditugaskan untuk memastikan bahwa perusahaan mengikuti prosedur yang tepat, dan berfungsi seefisien mungkin. Auditor juga bertugas mengidentifikasi masalah dalam perusahaan dan memperbaikinya sebelum ditemukan selama audit eksternal oleh pihak independen ataupun pemerintah.

5.  Staff Administrasi
Staff administrasi atau yang akrab disapa Admin adalah pekerjaan yang tugasnya mengorganisir atau memastikan setiap pekerjaan yang bersifat administratif atau ketatausahaan dalam sebuah perusahaan berjalan lancar. Biasanya, staff Admin akan banyak mengurus dokumen, menginput data, pembukuan, melakukan pengarsipan, mengatur agenda, dan lainnya. Semua pekerjaan ini memerlukan kemampuan organisasi dan juga ketelitian yang baik.

Selain 5 posisi diatas sebenarnya masih ada banyak posisi-posisi lain yang sangat mungkin untuk diisi oleh lulusan akuntansi seperti Purchasing Staff, Marketing, Sales, Account Payable Staff, Junior Auditor di KAP,  dan lain-lain.
"
Gaji Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Akuntansi Bagi Fresh Graduate | Karir Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Akuntansi Bagi Fresh Graduate | Rekrutmen Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Akuntansi Bagi Fresh Graduate
"

Posting Komentar untuk "Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Akuntansi Bagi Fresh Graduate"